Tips Singkat Membeli Batik Pekalongan

Siapa yang tidak mengenal Pekalongan? Pekalongan merupakan sebuah kota yang berada di provinsi Jawa Tengah. Kota yang satu ini memang menjadi pilihan para wisatawan lokal untuk mencari batik yang memiliki kualitas tinggi. Batik Pekalongan memang terkenal mempunyai kualitas yang baik. Batik yang berasal dari kota ini mempunyai kekhasan motif dan warnanya, selain itu untuk batik cap, bentuknya tidak jauh berbeda dengan batik yang berasal dari Jogja atau pun Solo. Batik dari Pekalongan ini memberikan warna yang jauh bervariasi sehingga sering ditemukan 8 warna di sehelai kain. Bila Anda melewati Pantura Pekalongan, tidak ada salahnya Anda singgah dan membeli batik berkualitas ini.

batik

Namun, saat Anda membeli batik di Pekalongan, ada beberapa tips untuk memilih batik yang memiliki kualitas tinggi dan dengan harga yang murah. Penasaran seperti apa? Pertama, sebelum Anda membeli, lebih baik Anda mencari tahu terlebih dahulu seperti apa batik yang Anda ingini. Diketahui dari cara pembuatannya, batik dari Pekalongan ini mempunyai 2 jenis yakni batik cap dan batik tulis. Pada batik tulis, ia mempunyai corak yang sama di dalam dan di luar, selain itu saat kita mencoba mencium kain batik, kita akan mencium bau malam dan lilin, sedangkan pada batik cap, corak yang berada di bagian dalam terlihat lebih berbeda daripada bagian luar.

Kedua, harga Batik Pekalongan pada Anda. setelah mengetahui jenis batik apa yang ingin Anda beli, selanjutnya dalam hal harga. Harga batik cap dan batik tulis tentu berbeda, karena tingkat kesulitan pembuatannya juga berbeda. Selain dari jenis batik yang ingin Anda beli, perhatikan pula bahan untuk membuat batik. Biasanya bahan yang sering digunakan adalah kain sutera, oleh sebab itu batik jenis tulis yang dibuat di kain sutera jauh lebih mahal dibandingkan dengan yang lainnya.

Ketiga, selalu perhatikan detail. Saat memilih batik entah batik tulis atau pun batik cap yang Anda pilih, perhatikan detail dari batik. Detail batik harus lebih teratur dan rapi, batik yang kasar biasanya pembuatannya kurang rapi, sedangkan untuk batik halus, ia akan terlihat rapi mulai dari penggambaran motif hingga pewarnaan. Semakin kecil motif dari batik, nantinya batik akan semakin halus dan tidak dapat dipungkiri akan semakin mahal pula harganya.

Keempat, perhatikan dengan jeli warna dan motifnya. Cari corak dan motif batik yang unik, dan perhatikan dengan jeli kombinasi batik tersebut, apakah warna batik sudah serasi antara satu warna dengan warna yang lain atau belum. Pasti Anda tidak ingin bukan sudah membeli batik dengan harga yang mahal namun ternyata kualitas yang didapatkan tidak sesuai dengan harganya, oleh karena itu perhatikan mulai dari detail terbesar seperti jenis kain hingga detail terkecil seperti perpaduan warna dan motif yang dituangkan kedalam batik.

Terakhir, berikan penawaran dengan harga yang normal atau wajar. Banyak ditemui wisatawan yang mencari batik Pekalongan memberikan penawaran harga dengan harga yang kurang wajar. Sebagai seorang pembeli, terlebih dahulu Anda harus tahu seperti apa harga yang pantas Anda beli. Hindari menawar harga batik sangat mahal atau terlalu murah, jangan lupa sebelum membeli selalu bedakan batik cap dan batik tulis, lalu bedakan pula jenis kain batik tersebut. Jika Anda membeli batik dalam jumlah banyak untuk oleh-oleh, tawar kembali dengan harga grosir.