Tips Modifikasi Motor Bagi Pemula

Jiwa seni memang dapat dituangkan dalam berbagai media yang diantaranya pada motor. Di sebut dengan modifikasi sebagai bentuk polesan hingga beberapa perubahan dari segi interior maupun eksterior terhadap kendaraan tersebut. Tak lupa pula perhatian terhadap tips modifikasi motor guna mendukung adanya bentuk kenyamanan serta pada hasil akhir yang terlihat memukau. Pastinya dua hal tersebut menjadi prioritas utama dalam memodifikasi kendaraan beroda dua ini, karena modif tak hanya ditujukan untuk perubahan yang terlebih memukau saja. Sisi keselamatan dalam kenyamanan berkendara pun sangatlah perlu.

modifikasi motor

Dalam memulai memodifikasi sebuah motor, tentunya terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan sedari awal. Hingga nantinya prosedur modifikasi tak ada yang terlewatkan. Seperti halnya dengan perihal berikut ini:

• Konsep utama dalam modifikasi yang akan merangkai sekaligus bentuk perubahan dari sebelum dan sesudah nanti.
• Perhatikan segi fungsional dari desain yang ada pada konsep utama.
• Rencana yang dipersiapkan untuk menuntun konsep tujuan lebih tercapai, dari tahap-tahap pertama hingga modif telah clear.
• Persiapan perlengkapan modifikasi.
• Komponen pendukung seperti penggunaan aksesoris tambahan, pemilihan sentuhan warna dan lainnya.
• Budget dalam kisaran tertentu.

Memodifikasi memang tak terbatas pilihannya, hingga ada banyak sekali hasil-hasil modifikasi sebuah kendaraan beroda dua yang begitu menarik untuk dimiliki. Tiap-tiap modif tersebut pun diproses dengan tahapan yang bervariasi, begitu pula dengan wujud modif pada kendaraan yang Anda maksudkan. Agar proses modif tersebut kian optimal, memang perlu pertimbangan di beberapa titik. Hingga nantinya sentuhan akhir modifikasi tampil begitu sempurna yakni menarik dari eksterior maupun interior dan menunjang secara fungsionalitas.

Saat dimana brainstorming dari modifikasi telah siap, terdapat tips modifikasi motor aman dan menawan yang memang harus diketahui agar output tak mengecewakan. Tips-tips tersebut antara lain ialah:

• Bodi motor merupakan bagian utama yang seringkali diutamakan dalam modifikasi. Pada bagian badan motor ini bisa di pendekkan sehingga tempat duduk bagian depan lebih rendah dan begitu tinggi di posisi belakang.
• Pemilihan warna yang dipadukan secara serasi. Terlebih pada penggunaan warna lebih dari tiga bagian, yang satu sama lain bisa di posisi tertentu maupun secara keseluruhan. Tak lupa padukan pula pada warna helm, agar saat topi pemotor dikenakan tidak timbul kesan yang aneh.
• Tune up mesin motor untuk menambah akselerasi mesin motor. Tetapi, lebih sering beresiko menambah asupan bahan makan mesin lebih tinggi. Jika tak ingin demikian tak apa.
• Modif pada lampu depan maupun belakang, tetapi hindari warna lampu putih karena lebih beresiko menyilaukan pengendara dari berbagai arah.
• Perhatikan ukuran ban, jika ingin diganti yang kecil sebaiknya tidak terlalu jauh dari kategori standard.
• Posisikan aksesoris tambahan sebagai penunjang dari hasil modif.

Memodifikasi memang dapat menuangkan segala inspirasi yang diinginkan. Akan tetapi juga tidak mengesampingkan peran utama pada keselamatan pengguna. Terlebih untuk motor yang seringkali dikenakan sebagai akomodasi di setiap hari. Kondisi keamanan pengemudi selalu menjadi nomor satu dan meski dalam kreatifitas yang beraneka ragam, tak melupakan keselamatan. Dalam kata lain modif unik, cool dan mempunyai sisi keamanan yang tak terkurangi.

Selalu terdapat sentuhan yang berbeda-beda dari setiap modifikasi. Terlebih operasional modifikator memang wajib memprioritaskan fungsionalitas pada motor tersebut. Bila tidak, dapat beresiko mengganggu saat berkendara maupun menimbulkan beragam resiko seperti tergelincir, kecelakaan dan resiko lainnya. Untuk itu, satu dari sekian bagian terpenting pada tips modifikasi motor ialah jaminan fungsionalitas modifikasi yang tak luput dari kendaraan tersebut.