Senyum Adalah Emas.

Begitupun Dengan Wajah Tergantung Senyum

ATURAN EMAS (Proporsi Emas)
Aturan emas adalah prinsip kuno yang digunakan dalam matematika, seni dan arsitektur untuk memberikan panduan bagi proporsi menyenangkan estetik. Suatu garis dibagi menjadi dua bagian sehingga satu bagian adalah mean dan bagian lainnya adalah ekstrim. Rasio proporsi adalah 1 hingga 1,61’8, berarti ekstrim. Menariknya, perkembangan angka yang sama dapat dicapai dengan mengalikan dengan 1.618 atau membagi dengan 0.618. Prinsip proporsi emas untuk mengevaluasi estetika wajah dan senyum dijelaskan dalam artikel berikut. Levin El. Estetika Gigi dan Proporsi Emas J Kedokteran Gigi Prostetik 40: 244-252 1978 Beberapa buku dan artikel menggambarkan proporsi berikut sebagai proporsi emas berarti ekstrim. Perlu dicatat bahwa pengukuran ini dilakukan hanya jika dilakukan pada foto dan bukan tiga dimensi seperti yang akan dilakukan pada wajah.Dermo Night Care Whitening Cream

PROPORSI DIMINTA UNTUK EKSTRIM
 – Ujung bawah hidung ke incisal edge dari gigi insisivus rahang atas
 – Ujung insisal dari gigi seri maksila ke bagian bawah dagu.
 – Cantus dalam ke kantus luar setiap mata
 – Cantus bagian dalam mata kanan ke canthus bagian dalam mata kiri.
 – Pupil mata ke canthus bagian dalam mata
 – Garis tengah antara mata ke canthus bagian dalam mata
 – Apeks serviks gigi ke puncak papila gingiva
 – Tinggi papila gingiva ke tepi insisal gigi.
 – Mesial dari insisivus sentral ke distal cuspid
 – Distal cuspid ke distal gigi posterior terakhir.
 – Lebar distal mesial gigi
 – Lebar distal mesial gigi mesial yang berdekatan.

DIMENSI FASIAL
Garis yang ditarik melalui pupil mata harus tegak lurus dengan garis tengah. Garis bibir dan tepi insisal gigi secara keseluruhan dalam lengkungan harus sejajar dengan garis yang ditarik melalui pupil.
Garis yang ditarik melalui pupil mata dan garis yang ditarik melalui bibir saat istirahat harus membagi wajah menjadi tiga bagian yang sama. Sepertiga bagian atas dianggap bagian intelektual otak serebral. Sepertiga tengah dianggap sebagai bagian sentimental atau sosial. Sepertiga bagian bawah dianggap sebagai bagian sensual atau fisik. Peningkatan dimensi dari setiap area meningkatkan kepribadian yang dirasakan seseorang.

OVERALL INCISAL CONTOUR
Garis yang ditarik mengikuti garis yang dibentuk oleh tepi insisal gigi rahang atas harus 1 hingga 3 milimeter sejajar / sejajar dengan garis bibir bawah. Akan ada beberapa variasi karena penuaan terjadi. Orang tua yang longgar elastisitas di bibir yang menghasilkan kendur. Hasilnya adalah keunggulan gigi-geligi rahang bawah dan pengecilan gigi-gigi maksilaris. Senyum maskulin adalah garis lurus. Senyum feminin membentuk senyum melengkung.

KESELURUHAN KONSTRUK GINGIVAL
Garis yang ditarik mengikuti kontur gingiva gigi rahang atas harus mengikuti garis bibir atas dalam apa yang disebut sebagai smileline menengah (rata-rata). Akan ada lebih sedikit korelasi dengan garis bibir tinggi atau rendah.

SIMETRI
Harus ada simetri warna, bentuk dan posisi gigi di sekitar garis tengah. Gigi seri sentral harus dominan dengan perspektif sedemikian rupa sehingga setiap gigi posterior tampak semakin kecil. Kata-kata kunci untuk mencapai ini adalah dominasi, proporsi, simetri dan keseimbangan.

RUANG NEGATIF
Bagian belakang atau mulut dianggap ruang gelap karena tidak ada cahaya yang masuk saat berdiri. Ruang negatif adalah area di dalam senyuman yang ideal yang menunjukkan melalui bagian belakang mulut dan karenanya kegelapan.

INSTALASI KHUSUS
Inklinasi aksial gigi, anterior dan posterior dimiringkan ke mesial. Kecenderungan aksial posterior tampak sejajar satu sama lain. Ujung insisal tegak lurus dengan sumbu panjang gigi. Incisors condong ke wajah sementara cuspus maksilaris tampak memiliki kemiringan lingual dengan tinggi kontur ke wajah di sepertiga gingiva.

KONTAK
Kontak insisivus rahang atas dan kuskus dapat berupa titik atau panjang dalam arah gingiva insisal. Kontak dimulai (dan dapat diperluas secara gingiva) pada gigi insisal sentral insisal ketiga ke gigi insisivus sentral, sambungan insisal ke insisivus sentralis tengah ketiga ke insisivus lateral, dan insisivus lateral ketiga bagian tengah ke cuspid.

KONTUR GINGIVAL
Kontur gingiva membentuk siluet di sekitar bagian bawah gigi. Puncak tertinggi, paling gingiva disebut sebagai puncak. Puncak gigi insisivus sentralis dan cuspids sentral adalah distal dari garis yang ditarik melalui sumbu garis tengah / panjang gigi. Apex insisivus lateral maksila terjadi secara kebetulan dengan sumbu garis tengah / panjang gigi.

Puncak gingiva dari insisivus lateral adalah 1 milimeter pendek dari insisivus sentral dan puncak puncak cuspid. Tinggi puncak gigi insisivus gingiva dan sentral sama tingginya.

FACE AND SILHOUETTE OF A TOOTH
Gigi mesial dan sudut garis distal, lengkungan gingival struktur gigi pada ketinggian kontur dan lengkungan incisal mendefinisikan wajah gigi. Mengubah penempatan dan bentuk ini mendefinisikan wajah gigi dan ukuran yang dirasakan.
Wajah mesial dan siluet gigi lebih miring secara vertikal daripada aspek distal gigi.