Seluk-beluk Action Camera GoPro

Dalam dunia action camera, mempunyai kamera yang berkualitas dan tahan banting sangatlah penting untuk bisa menghasilkan gambar dalam kondisi yang seringkali ekstrim. Secara universal, hampir semua orang mengakui bahwa kamera merk GoPro adalah merk idaman bagi penggemar outdoor sports yang hobi merekam momen saat mereka melakukan kegiatan tersebut. Meski sebagian orang hanya menganggapnya angan-angan saja lantaran harganya, apa yang sebenarnya membuat kamera ini sangat layak untuk diincar?

gopro

Ada banyak alasan kenapa GoPro didapuk sebagai kamera aksi yang beredar di pasaran saat ini, apa pun serinya. Inilah dia kenapa:

1. Merk yang sudah terkenal
GoPro merupakan merk yang sudah dikenal di seluruh dunia sebagai kamera yang paling versatile, dengan kualitas hasil gambar yang sudah tak diragukan lagi. Sulit untuk bisa menyaingi hasil kamera aksi satu ini, kecuali segelintir merk.

2. Banyak pilihan aksesoris
Tersedia banyak aksesoris mount yang ditujukan khusus untuk GoPro, sehingga Anda bisa meletakkan kamera ini di posisi mana saja, dari kepala sampai papan seluncur, membuat gambar dan video yang dihasilkan jauh lebih menarik.

3. Anti air
Kamera-kamera dari GoPro didesain dengan tujuan untuk bisa bertahan dalam situasi yang ekstrim, dan itu berarti Anda bisa menggunakannya pada kedalaman air yang cukup dalam, walaupun Anda tak membungkusnya dengan pelindung plastik sekalipun.

4. Ketersediaan software
GoPro memiliki software pendukung yang lengkap untuk segala platform, dari iPhone, Android, dan Windows.

Meskipun mempunyai segudang keunggulan, Anda perlu pertimbangan masak-masak sebelum membeli action camera satu ini. Alasannya apa lagi kalau bukan karena harga. Satu harga GoPro bertipe HERO4 misalnya, bisa mencapai harga Rp5,6 juta lebih. Belum lagi aksesorisnya yang juga tak kalah mahal (meski banyak pilihan). Kalau Anda belum siap dengan investasi sebanyak itu, maka sebaiknya Anda jangan membelinya lebih dahulu.

Selain harganya yang selangit itu, ada beberapa kekurangan lain dari GoPro yang perlu dipertimbangkan jika Anda masih bertekad untuk membelinya. Ini dia:

1. Kapasitas baterai biasa saja
Untuk ukuran kamera sebagus dan semahal GoPro, sungguh sayang karena daya tahan baterainya sedang-sedang saja. Anda harus membawa baterai cadangan dan sering menggantinya dalam perjalanan.

2. Hasil pengambilan foto tak terlalu baik
Untuk soal video, GoPro adalah jagoannya, namun untuk foto, maka GoPro masih kalah dibandingkan kamera DSLR. GoPro juga belum mempunyai Optical Image Stabilization.

Itulah kelebihan dan kekurangan action camera dari GoPro Pada dasarnya, jika Anda merasa bahwa kelebihan dari GoPro jauh melampaui kekurangannya dan tetap ingin membelinya, itu tak masalah. GoPro. adalah kamera yang berkualitas, dan dengan memilikinya, bisa dijamin Anda akan mendapatkan hasil yang sepadan. Namun jika Anda masih tak rela membayar sedemikian besar untuk kamera aksi tersebut, masih banyak pilihan lain yang lebih murah.