Pengrajin Tas Kulit di Garut Banyak Yang Serba Manual

Jika melintasi Jalan Sukaregang Garut Anda akan melihat toko yang menjual segala amcam produk kerajinan kulit. Di etalase toko tersebut Anda akan melihat tas-tas kulit cantik yang ditata rapi dan menggoda siapa saja yang melihatnya. Bentuk dan modelnya bermacam-macam. Namun siapa sangka tas-tas cantik buatan Garut ini dibuat oleh para pengrajin asal Garut dengan menggunakan mesin jahit jadul.

Mesin Jadul Pengrajin Tas Kulit

Mesin Jadul Pengrajin Tas Kulit

Ya kebanyakan para pengrajin tas kulit di Garut masih menggunakan mesin jahit jadul yang dikayuh. Ada juga yang sudah di modif dengan menambahkan dinamo pada mesin jahitnya. Masih jarang dan jumlahnya tidak banyak penjahit kulit yang menggunakan mesin juki. Semo proses pengerjaan dilakukan menggunakan alat-alat sederhana.Seperti pemotongan kulit untuk pola juga tidak menggunakan mesin pemotong tapi masih menggunakan gunting dan dilakukan satu persatu secara manual pula. Proses pengeleman juga dilakukan secara manual. Pokoknya dari awal hingga akhir dikerjakan manual dengan alat yang sederhana.

Pengerjaan Manual Pengrajin Tas Kulit

Mesin jahit jadul masih menjadi pilihan  mesin favorit di kalangan penjahit tas kulit.  Ya meskipun usia mesinnya sudah sangat tua namu para pengrajin masih nyaman menggunakan mesin-mesin tersebut. Ketika ditanya apakah mereka punya keinginan untuk mengganti mesin jahit yang lebih bagus dan modern? Mereka menjawab ya. Sebenarnya mereka ingin mengganti mesin jahit mereka dengan mesin jahit yang baru. Namun keterbatasan modal dan biaya menjadi kendala saat ini. Untuk saat ini para pengrajin tas kulit masih nyaman menggunakan mesin jahit jadul. Saking sudah terbiasnya membuat tas dengan mesin jahit jadul mereka sudah tahu betul masal-maslah yang sering terjadii pada mesin tersebut. Meskipun dikerjakan secara manual dengan alat-alat yang sederhana, Kualitas tas kulit yang dihasilkan cukup bagus. Model-modelnya juga tak kalah kece dan keren dan yang menjadi keunggulan dari tas kulit garut yaitu harganya yang relatif terjangkau.

Penjahit Tas Kulit Garut

Meskipun peralatan dan cara kerja yang dilakukan serba jadul atau manual, hal ini tidak menjadikan kendala bagi mereka untuk mengerjakan pesanan dalam jumlah partai atau skala besar. Tidak sedikit instansi pemerintahan baik negeri atau swasta juga para pelaku bisnis memberikan kepercayaannya kepeda mereka untuk memproduksi tas kulit sesuai dengan desain, model dan juga aksesoris sesuai dengan keiingan mereka. Bahkan tak tanggung-tanggung, pesanannya bisa mencapai ratusan hingga ribuan pics per item dan hasil yang didapat benar-benar maksimal sesuai dengan permintaan. Mungkin dibenak Anda sempat berpikir bagaimana mungkin cara manual dan juga skala home industri yang per kelompoknya sangat sedikit mampu mengerjakan pesanan banyak dalam waktu yang cepat bisa terjadi. Jawabannya adalah jika dikerjakan oleh 1 kelompok itu sangat tidak mungkin. Nah jika Ada pesanan dalam skala besar, biasanya dikerjakan oleh banyak kelompok dan jika digabungkan semua pengrajin yang ada di Garut itu jumlahnya bisa mencapai ratusan hingga ribuan pekerja. Sehingga kalau menggunakan system seperti ini tidak ada bedanya seperti dikerjakan seperti menggunakan pabrik besar. Yang membedaka hanyalah ruang lingkup pekerja yang terbagi-bagi dalam arti tidak dikerjakan disatu rumah atau satu pabrik.

Home Industri Tas Kulit di Garut

Nah menarik bukan proses perjuangan para penjahit  tas kulit di Garut yang membuat tas kulit cantik dengan menggunakan mesin jahit jadul dan alat-alat sederhana lainnya. Jika Anda berkesempatan data ke Garut jangan lupa untuk mampir ke pusat pertokoan kerajinan kulit di Garut yang berada di Kawasan Sukaregang. Jangan lupa pula untuk membeli tas kulit Garutnya sekalian.