Karena Banyak Tempat Wisata,Ekonomi Garut Semakin Baik

Membanjirnya wisatawan dari beragam daerah sepanjang musim libur lebaran ke Kabupaten Garut, Jawa Barat, sudah mendorong perkembangan ekonomi orang-orang setempat. ” Terang ada wisatawan yang datang ke Garut menumbuhkan ekonomi orang-orang lantaran berlangsung transaksi jual beli yang cukup besar, ” kata Bupati Garut, Aceng HM Fikri pada wartawan, Senin (27/8/2012).

cipanas garut

Menurut Aceng, kehadiran wisatawan pasti keluarkan duit sepanjang ada di lokasi Garut untuk liburan ditempat wisata.

Ia mencontohkan, seperti object wisata Cipanas Garut, saat libur lebaran banyak dikunjungi wisatawan, hingga pedagang di seputar object wisata diuntungkan. ” Maka dari itu kita pemerintah berusaha selalu supaya obyek wisata yang ada jadi lebih menarik serta nyaman, supaya pengunjungnya semakin banyak, ” tuturnya.

Tetapi usaha Pemerintah Kabupaten Garut dalam melakukan perbaikan bidang pariwisata, kata Aceng terkendala status kepemilikan tanah tempat wisata dengan pemerintah propinsi.

Bupati mencontohkan seperti wisata Situ Bagendit serta Cangkuang keberadaannya di Garut namun status kepemilikan tanahnya pemerintah propinsi, hingga, Pemerintah Kabupaten Garut tak dapat optimal meningkatkan wisata itu.

Sedang tempat wisata Cipanas Garut, menurut Aceng, beberapa besar punya swasta, pemerintah cuma mempunyai satu tempat wisata air panas yaitu Cipanas Indah. ” Kita sesungguhnya dilematis, saat mau mengatur wisata, namun terkendala status tanah. Saya bukanlah tidak mau membenahi, namun bila telah terang saya mampu membenahi seluruhnya wisata, ” tuturnya.

Salah satu yang dikerjakan Pemkab Garut mengatur bidang wisata, lanjut Aceng, yaitu tempat  wisata Garut pantai di lokasi selatan .

Lokasi wisata pantai itu selalu didorong untuk di kembangkan dengan melakukan perbaikan infrastruktur jalan. ” Kita tengah mengatur wisata pantai, saat ini saja tengah melakukan perbaikan serta perluasan jalan, ” tuturnya.