Inilah Efek Samping Dari Mengkonsumsi Biji Mahoni

Manfaat Biji Mahoni memang terkenal bisa menyembuhkan beberpa penyakit djika dikonsumsi. Namun belum banyak yang tahu mengetahui efek samping dari mengkonsumsi biji mahoni ini. Asal anda ketahui biji mahoni memiliki beberpa efek samping lain yang dapat menggangu aktivitas sehari-hari. Ingin tahu apa saja efek sampingnya? yuk simak artukel berikut ini.

Efek samping biji mahoni merupakan dampak buruk yang disebabkan seseorang telah mengkonsumsinya berlebihan dan tidak sesuai dengan aturan ahli gizi. Biji mahoni terkenal sebagai obat herbal yang kaya manfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh pada orang dewasa dan usia produktif.

Kandungan kimia
Biji mahoni memiliki dua jenis zat kimia yang terkenal mampu menyehatkan jaringan organ internal tubuh manusia :

1. Zat Flavonoid aktif
Biji mahoni memilki kandungan zat flavonoid yang memiliki keajaiban menyembuhkan karena kandungan flavonoidnya sangat tinggi dan aktif dalam menjaga kelancaran peredaran darah diseluruh tubuh. Mengurangi penumpukan kolesterol dan menghancurkan pengendapan lemak jenuh dalam darah, mampu meredakan pendrahan pada luka terbuka yang menyebabkan peradangan dan memiliki kemampuan menghambat radikal bebas buruk hasil dari lingkungan berpolusi yang telah masuk dalam tubuh.

2. Zat saponin aktif
Biji mahoni mempunyai kandungan zat saponin yang terbilang kuat dan aktif dalam mencegah kenaikan kadar gulam dan mempertahankan kestabilan fungsi hati dan mampu memblokir proses pengkritalan darah dan cepat dalam meningkatkan imunitas seseorang yang sedang menderita sakit atau pasca operasi.

Pemanfaatan biji mahoni
Biji mahoni dapat dikonsumsi dalam berbagai macam cara

• Biji mahoni dihaluskan dan ditambahkan air matang yang masih panas . Aduk sampai rata dan diamkan hingga dingin. Kemudian disaring airnya lalu diminum satu kali setiap hari. Konsumsi secara teratur dan tidak melebihi 150 mg perharinya.

• Dapat dimakan langsung setelah kulitnya dikupas. Karena rasanya getir dan sangat pahit setelah memakannya anda dapat menetralkan rasa getirnya dengan minum air putih yang sebelumnya telah dicampurkan madu dan air jeruk lemon secukupnya. Mengkonsumsi biji mahoni sebaiknya hanya satu biji saja.

• Dapat diperoleh dalam bentuk suplemen yaitu dalam kemasan serbuk instan, Kapsul atau minyak essensial yang telah dikemas rapi dan siap dikonsumsi sesuai kebutuhan dan aturan yang telah diberlakukan di luar kemasan bagian belakang.

Efek samping biji mahoni
Perlu diketahui bahwa biji mahoni juga memiliki efek samping yang mampu mengganggu aktivitas sehari hari.

1. Peningkatan kolesterol
Efek samping Biji mahoni yang dikonsumsi secara sembarangan atau berlebihan dapat mempermudah peningkatan jumlah pengendapan kolesterol dalam kantung empedu dan mempermudah terbentuknya batu empedu yang jika dibiarkan akan mengalami pembesaran dengan cepat.
Baca juga : Gejala Kolesterol meningkat tinggi

2. Tekanan darah menurun
Efek samping biji mahoni sering terjadi jika seseorang mengkonsumsi biji mahoni lebih dari satu biji perhari karena berpotensi mengganggu tekanan darah yaitu tekanan akan mengalami penurunan. Biji mahoni lebih cocok dikonsumsi bagi penderita tekanan darah tinggi akut.

3. Ginjal bermasalah
Zat saponin dan flavonoid yang tinggi jika terlalu banyak berada pada jaringan ginjal dapat mengganggu fungsinya sehingga ginjal menderita kehilangan kemampuan dalam mengendalikan cairan tubuh secara normal. Efek samping biji mahoni tersebut mudah sekali menyerang pada orang orang yang jarang minum air putih dan terlalu sering memgkonsumsi minuman yang mengandung cafein.
Baca juga : Gejala ginjal bermasalah

4. Ulu hati nyeri
Mengkonsumsi biji mahoni yang telah dikemas dalam bentuk serbuk instan atau kapsul hendaknya disesuaikan dengan aturan yang telah tercantum dalamm kemasan atau tidaak melebihi 150 mg perharinya karena dapat menyebabkan ulu hati menderita rasa nyeri. Zat saponin dan flavonoid yang berlebihan didalam ulu hati berpotensi memberikan efek samping biji mahoni berupa penekanan saraf saraf yang ada di seputar ulu hati sehingga ulu hati akan nyeri dan terasa tidak nyaman.
Baca juga : Penyebab nyeri ulu hati

5. Kerusakan pembuluh darah
Jika dalam pembulub darah terdapat banyak zat saponin dan flavonoid yang tidak tersebar secara merata keseluruh jaringan tubuh akibat tubuh kekurangan cairan , Maka akan merusak dinding pembuluh darah itu sendiri dan menyebabkan tubuh kehilangan keseimbangan tubuh dan menyebabkan aliran darah yang berisi oksigen menjadi terhambat.

Bolehkah mengkonsumsi biji mahoni setiap hari?
• Mengkonsumsi satu biji mahoni setiap hari sebenarnya aman dan tidak dilarang guna untuk mempertahankan kesehatan tubuh, Namun sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter dan ahli gizi yang terkait. Karena bagaimanapun juga penggunaan biji mahoni harus disesuaikan dengan jenis penyakit yang mungkin pernah atau sedang anda alami saat ini, Agar terhindar keluhan kesehatan dalam bentuk lain.

• Mengkonsumsi serbuk instan dan kapsul suplemmen dari pengolahan biji mahoni dapat dikonsumsi setiap hari namun tidak diperbolehkan bagi seseorang yang menderita tekanan darah terlalu rendah atau kadar gula yang rendah karena dapat menyebabkan seseorang mengalami penurunan kesadaran dan pingsan.

• Tidak dianjurkan biji mahoni untuk dikonsumsi balita dan anak apalagi setiap hari karena dapat menyebabkan keracunan. Keracunan bisa terjadi karena tingginya zat saponin dan flavonoid mampu mencederai organ lambung dan mempercepat kerusakan pada pembuluh darah mereka. Konsultasikan segera pada dokter anak dan ahli gizi jika memang anda ingin mengetahui dan ingin meningkatakan pemahaman lebih detail tentang manfaat dan efek samping biji mahoni bagi anak anak yang berusia dibawah 7 tahun.

Itulah beberpa manfaat dan efek samping dari mengkonsumsi biji mahoni.