Ini Dia 4 Kelebihan Memakai Gas Nitrogen untuk Ban Mobil Kesayangan Anda

Ketika memiliki mobil tentu Anda akan berusaha merawatnya dengan baik supaya awet dan tidak terlalu sering masuk ke bengkel. Perawatan yang perlu dilakukan ternyata tidak hanya sekedar membersihkan mobil menurut mobiportal.net secara teratur dan melakukan service secara berkala ke bengkel favorit. Melainkan perlu perawatan tambahan untuk memastikan mobil dalam kondisi sehat dan senantiasa nyaman diajak bepergian kemanapun, terlebih untuk perjalanan jauh. Salah satunya dengan memperhatikan tekanan angin pada ban mobil Anda.

Kelebihan Memakai Nitrogen untuk Ban Mobil

Anda bisa memanfaatkan angin biasa atau memakai nitrogen yang kini banyak diperbincangkan karena disinyalir punya banyak nilai lebih. Adapun kelebihan nitrogen bagi ban mobil ini ada banyak, berikut beberapa diantaranya:

Ini Dia 4 Kelebihan Memakai Gas Nitrogen untuk Ban Mobil Kesayangan Anda

1. Suhu gas nitrogen lebih rendah dan stabil

Gas nitrogen awalnya hanya digunakan untuk kendaraan balap, baik mobil maupun motor, namun karena kualitasnya bagus maka menyentuh semua kalangan. Kini Anda bisa mengisi gas ban mobil dengan nitrogen yang suhunya lebih dingin atau rendah. Otomatis tidak mudah meledak meskipun mobil di parkir di tempat terik maupun melaju di jalanan beraspal yang terpanggang matahari.

2. Menjaga tekanan udara pada ban konstan

Gas nitrogen membantu para pembalap untuk mendapatkan ban yang udaranya konstan sebab sifatnya tidak mudah keluar seperti gas biasa. Inilah alasan mengapa kendaraan balap tidak pernah mengalami ban bocor atau kempis mendadak di tengah sirkuit, padahal dipacu dengan kecepatan tinggi. Bisa dibayangkan efek menggiurkan yang diberikan pada mobil Anda yang dipacu dengan kecepatan standar. Yakni tekanan udara lebih stabil dan terhindar dari resiko ban kempis dengan sendirinya.

3. Membantu menghemat bahan bakar

Ban mobil ternyata memiliki efek yang cukup kentara terhadap konsumsi bahan bakar mobil tersebut, maka jangan lupa memeriksa kondisi ban sebelum bepergian. Apalagi jika tekanan pada ban mobil kurang secara otomatis membuat beban mobil ditopang pula oleh mesin. Hal ini membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih banyak dari seharusnya, maka banyak pemilik mobil beralih ke gas nitrogen. Sebab memiliki kemampuan menstabilkan tekanan ban mobil sehingga bahan bakar menjadi lebih efisien, gas nitrogen pun menjadi semakin populer.

4. Mencegah korosi pada velg ban mobil

Angin biasa yang Anda pakai untuk mengisi ban bisa menghasilkan uap air yang nantinya akan merembes keluar dari ban tersebut. Cairan ini kemudian akan membasahi bagian lain dari ban tersebut sehingga membentuk lapisan karat pada velg ban. Hal ini terjadi karena velg yang terbuat dari material logam selalu dalam kondisi lembab sehingga mudah berkarat. Cegah kemungkinan ini dengan memakai gas nitrogen untuk ban mobil Anda, sebab tidak menghasilkan uap air yang artinya bebas dari resiko velg ban berkarat.