Wisata Curug Sanghyang Taraje Garut Yang Manwan

Kota Garut mempunyai banyak destinasi wisata yg tak dapat disepelekan. Hal ini dibuktikan dari banyaknyasurga tersembunyi di sekitar Garut yang pastinya sangat indah lagi menakjubkan. Tak heran banyak wisatawanbertandang ke Garut. Salah satu objek wisata alam yang bisa anda jelajahi adalah wisata Sanghyang Taraje Garut. Curug Sanghyang Taraje merupakan air terjun yang ada di ketinggian 660 mdpl dengan tinggi tebing air terjun setinggi 82 meter. Tempat indah ini berlokasi di Kampung Kombongan, Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Meskipun berlokasi di dekat rimba namun akses menuju ke Curug Sanghyang Taraje ini terbilang mudah untuk dijangkau. Tak heran banyak pengunjung yang kerasan menikmati keindahan Curug Sanghyang Taraje.

sanghiang taraje

Jika diartikan dari Bahasa Sunda, Taraje bermakna tangga. Mitos mengatakan bahwa konon Curug Sanghiang Taraje pernah dipakai sebagai tangga oleh Sangkuriang untuk mengambilkan bintang di langit atas permintaan Dayang Sumbi. Di tempat ini juga ada satu batu serupa tapak raksasa. Legenda mengatakan bahwa tapak raksasa itu milik Sangkuriang. Sedangkan batu yang berada dibawah curug adalah batu yang konon pernah tersimpan bintang kepunyaan Dayang Sumbi. Tempat penyimpanan bintang, dikatakan dijaga oleh belut raksasa. Banyak warga sekitar yang mengaku kerap diperlihatkan wujudnya.Terlepas dari yang entah benar atau tidak wisata Sanghyang Taraje garutmenyajikan pemandangan alam yang menakjubkan lagi mengagumkan berbalut keindahan. Curug yang dikepung oleh pepohonan hijau membuat suhu berserta airnya dingin. Sangat pas untuk anda yang ingin melepaskan penat dari hingar bingar perkotaan.

Untuk mencapai tempat wisata di Garut yang satu ini, bisa ditempuh dari pusat kota Garut. Waktu perjalanan tak begitu lama yaitu hanya tiga jam saja. Jika anda membawa kendaraan pribadi, anda bisa mengambil rute ke arah Garut lalu menuju Bayongbong lanjut ke Cisurupan dan smpai ke daerah Papanggungan (komplek KOSTRAD 303 Cibuluh). Arahkan kendaraan anda ke arah Bungbulang hingga Kecamatan Pamulihan. Jika anda yang memilih berkendara dengan kendaraan umum, anda bisa memilih menaiki elf jurusan Garut – Bungbulang atau Bandung – Bungbulang, dan berhenti di Pamulihan.Dari Kecamatan Pamulihan, perjalanan anda akan dilanjutkan menuju desa Pakenjeng. Dari desa Pakenjeng, perjalanan anda akan terasa menantang. Dihimbau untuk berhati hati selama jalur menuju Curug ini. Jalanan yang hanya satu lajur dan menuruni tebing yang berhadapn lansgung dengan jurang membuat perjalanan anda makin menantang.

wisata Sanghyang Taraje Garut ini berada tepat di desa kombongan wilayah Pakenjeng Kabupaten Garut dan berada di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Selama perjalanan menuju curug, anda akan ditemani dengan pemandangan cantik dari undakan sawah khas parahiangan. disarankan unntuk menggunakan roda dua. kondisi jalanan yang curam, berbatu lagi sempit cukup berisiko untuk dilalui dengan kendaraan roda empat.Untuk mencapai curug ini anda harus berjalan kaki menuruni jalan setapak dengan jarak tempuh yang lumayan singkat yaitu 5 menit saja (jika dihitung dari tempat parkir kendaraan anda) Perjalanan yang sedikit berkelok dan dikepung oleh hutan, terkadang membingungkan bagi wisatawan yang datang dari luar Garut. Anda tak perlu sungkan untuk betanya alamat pada penduduk sekitar. Penduduk lokal terbilang ramah jika dibandingkan dari penduduk perkotaan. Bagi anda penggila fotografi, jangan lewatkan pengalaman luar biasa yang bisa anda abadikan lewat lensa. Ayo, sempatkan waktu anda untuk mengunjungi tempat wisata yang kaya akan mitos dan keasrian alamnya.