Cara Lengkap Pembuatan Paspor Untuk Umroh

Menjalani ibadah umroh sendiri merupakan salah satu kegiatan atau perjalanan ibadah yang biasa dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia. Berbeda dengan menjalani kegiatan ibadah  haji yang hanya bisa dilaksanakan satu kali dalam setahun saja, yaitu pada saat datang musim haji. Namun untuk bisa menjalani ibadah umroh kita bisa melaksanakannya kapan saja, terkecuali saat datang musim haji. Ibadah umroh juga sering disebut sebagai ibadah ahji kecil, meskipun memang kita tidak akan mendapatkan gelar haji atau hajjah setelah melaksanakan kegiatan ibadah ini. Banyak orang yang lebih memilih untuk menjalani ibadah umroh ketimbang ibadah haji.

paspor haji

Alasannya adalah selain karena biaya untuk melaksanakan ibadah umroh ini lebih murah dibandingkan ibadah haji, umroh pun bisa kita jalani kapan saja dan juga tidak perlu mengantri menunggu lama. Tapi jika akan melaksanakan ibadah  haji, selain biayanya yang memang sangat mahal, kita juga harus mengantri dengan waktu yang cukup lama. Bahkan ada yang sampai mengantri 5 hingga 10 tahun untuk bisa melaksanakan ibadah haji tersebut. Maka dari itu kini yang tertarik untuk menjalani ibadah haji umroh pun semakin banyak saja dari tahun ketahunnya. Terlebih lagi kini agen perjalanan ibadah umroh pun semakin banyak saja. Meski anda pun harus tetap berhati-hati saat akan memilih agent biro perjalanan ibadah umroh tersebut.

Mengapa anda harus lebih berhati-hati lagi ketika akan menggunakan jasa dari biro perjalanan ibadah umroh. Karena kini sudah semakin banyak sekali agent biro perjalanan ibadah umroh abal-abal yang merugikan atau menipu para calon jamaah. Sehingga tak hanya harus merelakan uang yang sudah mereka setorkan , namun harus ikhlas karena batal untuk pergi ketanah suci melaksanakan ibadah umroh. Tapi tenang saja, tidak semua agent biro perjalanan ibadah umroh abal-abal dan melakukan penipuan. Masih banyak agent biro perjalanan ibadah umroh terpercaya yang akan membantu anda untuk mewujudkan pergi ketanah suci mekkah melaksanakan ibadah umroh.

Sama halnya dengan melaksanakan ibadah haji, untuk menjalani ibadah umroh pun ada banyak hal yang nantinya harus anda persiapkan. Tak hanya mempersiapkan biaya untuk mendaftarkan di biro perjalanan ibadah umroh saja, namun anda juga harus memiliki paspor untuk bisa melaksanakan ibadah umroh tersebut. Karena yang namanya ibadah umroh ini dilaksanakan di luar negeri, yaitu di kota suci mekkah, sehingga anda pun nantinya membutuhkan paspor sebagai identitas saat sedang melakukan ibadah tersebut. Apapun urusan anda, jika sudah menyangkut pergi ke luar negeri, tentunya wajib untuk memiliki yang namanya paspor. Kalau anda tidak  memiliki paspor, maka bisa gagal untuk melaksanakan ibadah umrohh ketanah suci mekkah.

Lantas bagaimanakah caranya agar kita bisa memiliki paspor. Sebenarnya untuk membuat paspor yang digunakan dalam rangka kegiatan ibadah umroh ketanah suci mekkah tidaklah berbeda jauh dengan pengajuan permohonan pembuatan paspor umum. Namun memang ada beberapa berkas tambahan yang nantinya harus anda lampirkan juga ketika akan mengurus pembuatan paspor tersebut kekantor imigrasi. Berikut ini Cara membuat paspor online Untuk Umroh yang bisa langsung anda simak, diantaranya yaitu :

  1. Membawa dokument yang dibutuhkan untuk pembuatan paspor, asli dan yang sudah di fotocopy terlebih dahulu pada kertas A4. Dokument tersebut diantaranya yaitu :
  • E-ktp
  • Kartu keluarga
  • Akte kelahiran, surat nikah, surat baptis, ijazah terkahir, silahkan pilih salah satu
  • Paspor lama bagi yang sudah memiliki paspor sebelumnya
  • Surat rekomendasik tertulis dari atas, untuk mereka yang bekerja sebagai anggota TNI/Polri, pegawai BUMN, atau PNS
  • Surat rekomendasi dari biro perjalanan ibadah umroh, dimana surat tersebut ada 2, pertama isinya menyatakan kalau anda bahwa anda akan melaksanakan ibadah umroh, dan yang kedua adalah surat penjamin dari biro perjalanan ibadah umro tersebut.
  1. Jika semua berkas atau dokument sudah anda siapkan, maka selanjutnya anda bisa langsung mendatangi kantor imigrasi terdekat dengan menggunakan pakaian yang rapih
  2. Siapkan map dan juga materi 6000
  3. Selanjutnya silahkan isi formulitas yang sudah tersedia dan nantinya bagi anda yang hanya memiliki nama terdiri dari 2 suku kata, maka akan diminta untuk menuliskan satu suku kata lagi, yaitu dari nama ayah anda. Karena memang salah satu syarat untuk pergi melaksanakan ibadah umroh atau haji, nama pada paspor kita harus terdiri dari 3 suku kata. Kemudian anda bisa langsung mengambil nomor antrian untuk pengechekan berkas
  4. Jika sudah lolos berkas maka anda akan diberikan nomor antrian lagi untuk melakukan yang namanya sesi foto, wawancara dan juga pengambilan sidik jari.
  5. Pada saat pengambilan foot, sebaiknya anda tidak mengenakan topi, soflens, kacamata atau atribut lainnya. Namun khusus untuk wanita berjilbab tidak perlu melepas jilbabnya. Tapi ada ketentuan yang harus di perhatikan
  6. Untuk sesi wawancara nantinya ada beberapa pertanyaan yang akan di ajukan untuk para calon jamaah umroh. Untuk itu anda harus menjawab semua pertanyaan yang akan diajukan tersebut dengan jujur. Seperti tujuan negara yang akan dikunjungi, kepentingan atau kegiatan yang akan dilakukan selama berada dinegara tersebut dan banyak lagi yang lainnya. Kalau jawaban yang anda berikan meragukan, justru bisa membuat pengajuan permohonan paspor anda di tolaak.
  7. Jika semua prosedur sudah anda lakukan dengan baik, maka petugas akan memberikan tagihan yang harus anda bayarkan.
  8. Anda bisa langsung membayar tagihan tersebut dibank yang sudah di tunjuk, dan nantinya paspor tersebut bisa anda ambil maksimal 5 hari setelah anda sudah melakukan pembayaran  dengan membawa bukti pembayaran tersebut.

Untuk biaya sendiri pembuatan paspor biasa 48 halaman yang biasanya digunakan umroh adalah Rp.355.000, biaya untuk perbaikan paspor biasa 48 halaman yang rusak Rp. 355.000 dan biaya untuk pergantian paspor biasa 48 halaman yang hilang adalah Rp.655.000. Namun kalau anda malah menggunakan jasa calo tentu saja biaya yang harus dikeluarkan bisa lebih mahal lagi. Oleh karena itu, memang sebaiknya anda urus saja sendiri pembuatan paspor yang nantinya akan digunakan untuk melaksanakan ibadah umroh ketanah suci tersebut. Apalagi seperti yang sudah dijelaskan diatas, kalau yang namanya prosedur atau cara membuat paspor yang akan digunakan untuk perjalanan ibadah umroh tidaklah sulit.

Asalkan anda sudah mengetahui mengenai prosedurnya dan juga berbagai macam persyaratan yang dibutuhkan, maka pembuatan paspor pun tentu saja tidak akan mengalami kendala. Jadi bagi anda yang memiliki rencana untuk pergi melaksanakan ibadah umroh, jangan lupa untuk membuat paspor terlebih dahulu. Jangan sampai rencana anda untuk pergi ketanah suci gagal karena anda belum memiliki paspor. Atau karena anda yang menunda-nunda untuk pembuatan paspor. Semoga info ini bermanfaat untuk anda yang sudah membacanya.