Cara Cek Tagihan Listrik Online dengan Mudah dan Cepat

Listrik merupakan salah satu kebutuhan utama dalam setiap rumah tangga, yang memang harus dipenuhi setiap harinya. Sebagai sumber dalam menghidupkan berbagai peralatan rumah tangga lainnya, listrik memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan, selain fungsi utamanya sebagai sebuah sistem penerangan. Oleh karenanya sangatlah wajar jika penggunaan listrik ini secara penuh dikelola secara monopoli oleh perusahaan milik negara PLN, agar nantinya dapat distribusikan secara merata ke seluruh wilayah di Indonesia. PLN sebagai pengelola jasa listrik ini sendiri, membagi sistem pemberian aliran listrik kepada masyarakat Indonesia dalam 2 bentuk yaitu sistem pra bayar dan pasca bayar. Jika sistem prabayar hanya memerlukan pembelian pulsa ataupun token listrik, maka hal tersebut akan berbeda dengan sistem prabayar, dimana untuk mendapatkan jasa listrik kita harus melewati sistem pengecekan tagihan dan pembayarannya. Untuk mempermudah para konsumen kini PLN pun telah menyediakan sistem cek tagihan listrik online.

Sistem pengecekan tagihan atas penggunaan jasa listrik dalam rumah Anda ini, memang sangat menguntungkan, karena dapat Anda lakukan dari manapun dan kapanpun sesuai dengan kesempatan yang Anda miliki. sistem pengecekan ini sendiri, sebetulnya dapat Anda lakukan dengan beberapa sistem online sehingga akan lebih mempermudah Anda, karena dapat Anda pilih sesuai dengan kecepatan akses internet yang Anda miliki.

Berikut ini beberapa tahap cek tagihan listrik online, yang dapat Anda lakukan melalui sistem resmi yang disediakan khusus oleh PLN sebagai penyedia jasa listrik di Indonesia, yang antara lain adalah:

Cara Cek Tagihan Listrik Online dengan Mudah dan Cepat

• Sistem sms, sistem pengecekan tagihan listrik ini dapat Anda lakukan dengan cara mengetikkan sebuah format sms dan mengirimkannya pada official nomor seluler yang disediakan oleh PLN. Format sms untuk melakukan pengecekan ini adalah REK No id pelanggan, lalu kirimkan format yang telah Anda isi dengan nomor id pelanggan yang tepat ke nomor 8123. Nantinya secara cepat sistem tersebut akan memberikan balasan mengenai besarnya tagihan listrik yang harus Anda bayarkan.
• Melalui website yang secara resmi dirilis oleh PLN, dengan cara membuka website tersebut dan menemukan plot khusus yang dapat digunakan untuk melakukan pengecekan tagihan listrik didalamnya. Isikan nomor ID pelanggan Anda pada plot tersebut untuk dapat melakukan pengecekan tagihan listrik secara otomatis. Setelah Anda memasukkan nomor ID Pelanggan dan memilih check, maka jumlah tagihan listrik pada bulan berjalan akan dapat Anda ketahui dengan mudah.

Selain melalui sistem yang disediakan oleh PLN, cara cek tagihan listrik pun dapat Anda lakukan melalui situs belanja online terpercaya yang ada di Indonesia. Situs belanja online tersebut selain menawarkan pulsa listrik untuk sistem listrik prabayar, juga menyediakan sistem pembayaran untuk tagihan listrik pasca bayar, dimana untuk melakukan pembayaran inilah Anda akan mendapatkan informasi jumlah tagihan terlebih dahulu, sebelum nantinya Anda setujui untuk dibayar. Sistem penyediaan informasi tagihan listrik dari situs belanja online inilah yang dapat Anda manfaatkan untuk mengetahui jumlah tagihan listrik bulanan Anda.

Yang menjadikan sistem cek tagihan listrik online melalui situs belanja online ini adalah Anda dapat secara langsung melakukan pembayaran didalamnya, ataupun membatalkan pembayaran tanpa harus membayar biaya administrasi. Jika pembayaran tagihan listrik Anda lakukan melalui situs belanja online tersebut diatas, Anda dapat memperoleh potongan pembayaran dalam bentuk komisi, sehingga akan lebih menguntungkan sistem pembayaran yang Anda lakukan. Apapun cara pengecekan dan pembayaran yang Anda lakukan, pastikan Anda memasukkan kode Id pelanggan yang tepat.