Atasi Jerawat dengan Pil KB, Amankah?

Jerawat adalah masalah yang sudah sangat umum tapi sangat menganggu dalam berpenampilan terutama pada kaum wanita. Jerawat mempunyai tingkat keparahan sendiri bisa saja berjerawat sederhana dan sampai jerawat yang sangat banyak jumlahnya. Jerawat akan timbul pada area yang mengandung kelenjer sebasea yang mengandung sebum dan produksi sebum sendiri sangat dipengaruhi oleh hormon androgen. Jerawat banyak muncul pada usia pubertas, remaja dan seringkali berlanjut hingga smapai usia dewasa lanjut.

jerawat

Saat tubuh menginjak usia remaja, jerawat disebabkan karena meningkatnya hormon testosteron yang akan muncul pada masa pubertas,seiring usia bertambah jerawat pun menjadi menghilang. Akan tetapi, tidak semua orang mengalami keadaan ini, bahkan ada yang mengalami hingga usia 40 tahun lebih. Terjadinya jerawat karena sebum yang menumpuk akibat peningkatan hormon androgen kemudian menyumbat kelenjar sebasea keadaan ini akan minungkatkan berkembang biak bakteri yang baik sehingga menjadi proses peradangan yang akhirnya menjadi jerawat. Jerawat terjadi karena adanya siklus hormonal sendiri baik menstruasi, pubertas, kehamilan dan tingkat stres psikologis.

Sebelumnya harus diketahui bahwa tidak semua pil kontrasepsi bisa menyebabkan jerawat menghilang. Salah-salah minum, bukan jerawat menghilang, tapi malahan bertambah. Kandungan pil kontrasepsi mengandung bahan hormonal yang malah bisa mempengaruhi keluarnya si jerawat. bahkan pil kontrasepsi mempunyai efek seperti mual, kenaikan berat badan, nyeri pada payudara, bercak flek menstruasi diluar siklus haid, perubahan mood, hingga efek samping yang berat seperti stroke, sumbatan pada aliran darah , nyeri kepala, peningkatan tekanan darah. Tapi tidak semua orang mengalami efek seperti ini.

Jika kita akan menggunakan pil kontrasepsi atau pil KB untuk menghilangkan jerawat sebaiknya lebih baik kita konsultasi pada dokter ahli terlebih dahulu mengingat kondisi kita. Keadaan kita yang masih masa remaja apakah sudah meningkah sangat mempengaruhi kondisi badan juga. Tentunya pemakaian yang rutin memerlukan pengontrolan pada saat pemakaian. Sehingga akan lebih baik bila anda benar dijelaskan bagaimana cara pemakaian yang baik dan benar saat anda memang ingin memakainya ataupun memilih dengan pengibatakn secara lainnya.