Alasan Sarung Tangan Sangat Penting Saat Berkendara

Sepedah Motor merupakan kendaraan yang digerakan oleh mesin yang memiliki roda dua dan sering dijadikan sebagai alat transportasi. Di Indonesia penggunaan sepedah motor sangatlah banyak diminati, selain karena harganya yang cukup terjangkau, biaya oprasional, dan penggunaan bahan bakar yang relatif cukup hemat. Namun dalam berkendara safety riding pun menjadi salah satu faktor penting demi keselamatan pengendara dan penumpang. Salah satu perlengkapan yang mungkin banyak orang meremehkan ialah sarung tangan motor. Sarung tangan adalah pakaian yang dapat melindungi tangan kita dari pengaruh lingkungan sekitarnya, baik sebagian maupun keseluruhan. Perlengkapan ini dapat melindungi bagian vital berupa jari dan pergelangan tangan saat kita terjatuh dari motor. Namun semakin berkembangnya zaman sarung tangan kini digunakan sebagai pelengkap fashion, banyak produsen yang menjual sarung tangan dengan model yang trendi, bergaya, dan stylish namun dengan perlindungan yang lebih maksimal. Tapi tidak jarang juga banyak produsen nakal yang hanya menjual sarung tangan tanpa perlindungan yang yang maksimal. Oleh karena itu kita harus teliti dalam memilih sarung tangan yang berkualitas baik. Nah untuk memilih sarung tangan yang terlihat keren tanpa mengurangi sisi aman, berikut ini adalah beberapat tips yang mungkin perlu anda ketahui.

1. Ukuran

Saat anda membeli atau memilih sarung tangan sebaiknya cari ukuran yang pas dengan tangan anda. Hal ini bertujuan demi kenyamanan dan keselamatan anda. Jika sarung tangan kekecilan akan mengganggu kenyamanan anda karena tangan anda akan keram setelah beberapa jam berkendara. Begitu juga sebaliknya jika kebesaran tentunya akan mengganggu anda saat memegang stang motor.

2. Bahan

Pemilihan bahan yang tepat juga mempengaruhi faktor berkendara. Banyak produsen yang memakai bahan dari kain, polyester, nylon dengan lapisan carbon Kevlar. Hal tersebut bermaksud memaksimalkan grip pada stang, sehingga membuat handling motor lebih nyaman. Namun bahan yang menurut saya paling bagus ialah dari kulit hewan. Ya Sarung Tangan Kulit Motor adalah rekomendasi dari saya agar anda nyaman saat berkendara, karena kulit adalah bahan yang fleksibel dan tahan lama yang dibuat dengan proses penyamakan kulit hewan.

3. Jahitan

Jahitan ini yang paling banyak dihiraukan oleh pengendara motor, yap memang kita berfikir bahwa tidak ada hubungannya antara keselamatan dengan jahitan, namun posisi jahitan yang salah dapat mengganggu kenyamanan. Jahitan yang berada didalam atau bersentuhan langsung dengan kulit dapat menyebabkan kulit lecet dalam beberapa jam saat berkendara. Maka dari itu pilihlah sarung tangan yang jahitannya diluar atau tidak langsung bersentuhan dengan tangan.

4. Perlindungan maksimal

Pilihlah sarung tangan yang mempunyai perlindungan yang maksimal, ini agar tangan anda aman dari luka gores saat anda terjatuh atau yang paling buruk mengalami insiden kecelakaan. Apalagi saat melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan motor, pilihlah sarung tangan dengan bantalan pelindung (protector).

5. Pilih yang memiliki sirkulasi udara yang baik

Sirkulasi udara haruslah kita perhatikan didalam sarung tangan, karena jika tidak ada sirkulasi udara saat mengenakan sarung tangan dalam waktu yang cukup lama akan menyebabkan suhu didalam menjadi panas, apalagi jika bahan sarung tangannya tidak menyerap keringat. Oleh karena itu pilihlah sarung tangan yang terdapat saluran udara khusunya pada bagian telapak tangan.

6. Sesuaikan dengan karakter berkendara dan kenyamanan

Pastikan jari – jari tangan anda dapat bergerak bebas tanpa ada penghambat, agar saat berkendara dapat menguasai instrument stang dengan nyaman dan baik. Pemilihan sarung tangan yang tepat dalam berkendara juga meningkatkan fokus dalam berkendara, sehingga dapat lebih waspada saat berkendara.

Itulah beberapa tips beserta alasan yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu anda dalam hal keselamatan berkendara terimakasih.